Monday, November 14, 2011

Android Murah Samsung Galaxy Y

Handphone Android berharga murah, Galaxy Y.

Y sendiri adalah kependekan dari Young atau muda. Jelas pasar utama dari handset ini adalah kalangan anak muda atau pengguna Android pemula yang ingin merasakan seperti apa OS 'robot hijau' ini.
Meski berharga relatif terjangkau, Samsung Galaxy Y sudah dibekali dengan prosesor 800Mhz serta OS Android 2.3 Gingerbread. Mari kita simak lebih lanjut seperti apa kemampuan ponsel ini.

Spesifikasi Galaxy Y 

Ukuran Mungil

Galaxy Y wujudnya memang mungil. Berukuran 104 x 58 x 11.5 mm dengan berat tidak mencapai 100 gram, ia tidak terlihat bongsor dan termasuk smartphone ringan dan praktis digunakan.
Terlihat hanya ada 3 tombol di bagian bawah layar yakni tombol multitasking, home dan back (urut dari kiri ke kanan). Tombol-tombol tersebut bersifat ‘touch sensitive’ sehingga tak perlu menekan keras untuk mengoperasikannya.

Bahan pembuatan Galaxy Y dari plastik dengan aksen silver di bagian pinggir. Bagian belakang berupa plastik dengan semacam tekstur untuk memudahkan pegangan. Sayangnya, ponsel ini tidak dibekali dengan tombol khusus kamera.Secara umum, desain Galaxy Y memang terlihat biasa-biasa saja meski masih bisa menghindari kesan murahan. Cukup wajar memang mengingat harganya yang sangat terjangkau untuk ukuran smartphone.

Layar Kurang Jernih

Galaxy Y memiliki bentang layar 3 inch TFT kapasitif beresolusi 240x320 pixel. Layar ini memang tampak seadanya dan kurang jernih. Barangkali ini adalah salah satu bentuk kompromi agar harganya bisa tetap terjangkau.
Layaknya saudara-saudara terdahulunya, Galaxy muda ini pun dilengkapi TouchWiz UI. Urusan akses internet, ponsel ini tergolong tangguh, sama seperti handset Android lainnya. Ia juga memiliki kemampuan akses data setingkat HSDPA dan HSUPA. Yang menarik, Galaxy Y tidak terlalu panas saat digunakan untuk thetering berjam-jam.

Kamera 2 megapixel yang dimiliki Samsung Galaxy Y nampaknya terkesan nanggung, dimana vendor lain sudah banyak yang bermain di 3.2 megapixel keatas, bahkan 5MP di kisaran harga relatif sama. Bisa ditebak, hasil pemotretan pun biasa saja.

Android mungil yang juga medukung Java MIDP ini memiliki fitur penjajak lokasi alias GPS dengan fungsi A-GPS juga, sehingga anda tak perlu khawatir kesasar jika jalan-jalan ke daerah yang belum dikenal.

Sebagai alat pengusir suntuk, disediakan media player berupa MP 3 player yang baik kualitas suaranya. Output dari speaker cukup bagus dan seperti biasa perlu menggunakan earphone untuk mendengar kualitas suara yang sesungguhnya. Galaxy Y juga bisa merekam video QVGA@15fps.

Jika merasa bosan, masih ada FM Radio yang akan menemani kita bersantai. Jangan lupa harus memasang earphone kalau ingin mendengar siaran radionya.

Ponsel ini dibekali baterai berkekuatan 1200 mAh Li-Ion. Dengan kapasitas itu, nampaknya cukup pas untuk menopang seluruh aktifitas yang akan dikerjakannya termasuk multitasking dan multimedia.
Kesimpulan:
Jika boleh digambarkan dengan satu kalimat, Galaxy Y merupakan ponsel kecil cabe rawit yang harganya murah serta fungsional. Kemampuannya cukup bisa diandalkan meski pengguna harus rela kompromi dengan berbagai pengurangan di sana sini. Ponsel ini memang hanya dibanderol Rp 1,2 Juta. Sepertinya cocok untuk anak muda dan mereka yang ingin berhemat.

Kelebihan:
+ Murah dan fungsional
+ Thetering tidak panas
+ Ringan

Kekurangan:
- Kamera hanya 2 MP
- Layar kurang jernih

Spesifikasi kunci:

- OS Android Gingerbread 2.3.5
- Prosesor 832 MHz
- Layar 3.0 TFT capacitive touchscreen, 256K colors, 240 x 320 pixels
- Kamera 2 MP
- Memori internal 160 MB, slot microSD sampai 32GB
- Baterai Li-Ion 1200 mAh

Spesifikasi Galaxy lainnya : Galaxy S II , Galaxy Note , Galaxy Tab 7.0 Plus
Sumber

0 comments:

Post a Comment